Senin, 30 Mei 2011

Reportase Workshop Pantomime

. Show older posts

WORKSHOP PANTOMIM




Bengkel Mime Theatre
Bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Tengah dan Teater Jejak Surakarta menyelenggarakan WORKSHOP PANTOMIM selama dua hari pada:

Hari       : Sabtu
Tanggal  : 12 Maret 2011
Pukul     : 15:00 WIB - 19:00 WIB
Tempat  : Pendapa Taman Budaya Jawa Tengah



Hari       : Minggu
Tanggal  : 13 Maret 2011
Pukul     : 10:00 WIB - 14:00 WIB
Tempat  : Pendapa Taman Budaya Jawa Tengah

Fasilitas : Materi Workshop, Snack dan Minum selama workshop berlangsung, dan Certificate

Biaya Pendaftaran Rp 20.000,00
Hubungi : Damar Teater Jejak (085647484251)



           
REPORTASE WORKSHOP PANTOMIME
DI TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH

Oleh: Ficky Tri Sanjaya


            Sore itu sekelompok orang sedang bergerak-gerak aneh di tengah pendopo luas Taman Budaya Surakarta, adegan tersebut mencuri fokus orang-orang yang lewat di seputar Pendapa. Namun jika ingin  melihat dengan sungguh-sungguh, sebenarnya  mereka sedang bergerak  untuk  mengenal  arti dan fungsi  tubuh mereka sendiri. Mereka secara sadar  mencoba kembali mengenal dan  mengolah potensi tubuh mereka dalam berbagai gerak. Gerak dan tubuh merupakan media komunikasi yang berguna dalam seni pertunjukan khususnya pantomime, namun tidak memungkinkan hal tersebut juga bergunan untuk seni pertunjukan yang lain.  Oleh karena  itu mereka rela meluangkan waktu dan tenaga untuk mengikuti workshop bersama yang diselenggarakan oleh Bengkel Mime Theatre bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Tengah dan Teater Jejak.
            Workshop ini dalam pelaksanaanya diselenggarakan selama dua hari, tanggal 12 Maret, pukul 15:00 WIB- 19:00 WIB dan 13 Maret, pukul 09:00 WIB – 13:00 WIB. Dikuti 30 peserta dari komunitas-komunias teater SMA dan kampus, yang tumbuh  di Solo. Workshop yang diprakarsai oleh awak Bengkel Mime Theatre ini bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan tubuh bagi aktor-aktor muda seni pertunjukan di Solo. Selain untuk memberi pengetahuan tubuh bagi aktor-aktor muda, harapan awak Bengkel yang paling utama adalah  mendorong generasi   muda menaruh minat dalam seni pertunjukan (berbasis) pantomim.
            Workshop ini diilhami ketika Kelompok Bengkel Mime Theater sering berinteraksi dengan seniman muda dan penikmat seni pertunjukan di Taman Budaya Jawa Tengah, diantaranya: Yonex D’ Nugroho, Yustinus Popo, Budi Tarzan dan Bung Turah. Juga lantaran kehadiran Bengkel Mime Theatre dalam pementasan di kota Solo  seperti; Romantika Daun Pisang (2005), Aku Malas Pulang Ke Rumah (2010), Old Soldier (2010). Antusias dan apresiasi yang menarik dari publik Solo terhadap  kesenian pantomim ini dan melihat minimnya komunitas pantomim yang tumbuh  di Solo. Bengkel Mime Theater Yogyakarta  sebagai kelompok seni pertunjukan  yang berbasis pantomime, tergerak untuk mengadakan workshop pantomim sebagai pemicu untuk menggerakan  komunitas teater  di solo agar tertarik untuk mengeluti Pantomim.    

            Materi workshop berupa dasar-dasar  penegenalan  sendi-sendi tubuh, dasar tubuh Pantomime, kelenturan tubuh yang diarahkan sebagai alat untuk menyampaikan narasi. Dalam workshop ini diharapkan peserta mampu membuat karya pendek perseorangan maupun kelompok.  Pemateri dalam Workshop  tersebut diberikan oleh Ari Dwiyanto (Manajer Atistik Bengkel Mime Thetare ) Ficky Tri Sanjaya (Aktor Bengkel Mime-thetare), Yuniawan Setiyadi  (Aktor Bengkel-Mime Theatre). Selain itu sebagai penggagas program dan Pewujud acara workshop adalah Andy Sri Wahyudi (Manajer Bengkel Mime Teatre) dibantu oleh Hambar Riyadi a.k.a Gigon Delon (Aktor Sekaligus Bendahara Bengkel mime theatre)
            Harapanya  setelah adanya acara workshop ini, komunitas teater akan semakin banyak yang membuat karya pantomim dan  menjadi idola baru yang dicintai oleh  publik Solo. Viva Pantomim…!

Sumber :www.bengkel-mimetheatre.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar